YUK BELAJAR BUDIDAYA PAKCOY, SI SAWI MANIS BERBENTUK SENDOK #DIRUMAHAJA #PART4

Bismillahirrahmanirahim, Halo temen-temen Assalamualaikum..
Gimana kabar kalian? semoga baik-baik aja yaa dan sehat selalu aminnnn. Ga kerasa ya kita udah lebih dari seminggu WFH alias #dirumahaja. Yaa walaupun kita dirumah aja tapi kita juga harus tetep semangat yaa apalagi sekarang lagi bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Jangan lupa banyak-banyak berdoa agar wabah ini cepet selesai dan kita dapat beraktifitas dengan normal lagi aamin. Alhamdulillah nih kita masih ketemu lagi sampai minggu ini dan seperti di minggu-minggu sebelumnya aku mau update tentang tanaman baby-baby pakcoy ku nih.


Setelah hampir 2 minggu kemarin aku dilanda kegalauan akibat bencana alam (baby-baby pakcoy ku dimakan tikus) dan akhirnya aku cepat-cepat kembali menyemai pada tanggal 20 april 2020 sampai dengan hari ini tanggal 29 april 2020 baby-baby pakcoy ku tumbuh dengan baik dan sehat tinggi rata-rata batang 6-9 cm dan tiap-tiap tanaman nya memiliki 3-5 helai daun. Sebelumnya pada hari minggu tanggal 26 april benih yang telah aku semai di dalam polibag semai ak pindahkan ke polibag tanam namun karena benih yang aku semai banyak jadi jarak tanam nya tidak terlalu jauh. Adapun cara pindah tanam yang dilakukan agar tanaman tidak setres diantaranya sebagai berikut:
  1. Memperhatikan waktu penanaman
Hindarilah menanam bibit pada pagi dan siang hari, terutama jika penanaman dilakukan pada musim kemarau. Untuk menghindari stres penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari, segera lakukan penyiraman setelah penanaman bibit selesai. Penanaman pada sore hari akan memberikan kesempatan tanaman untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya, yaitu dalam waktu satu malam cukup bagi tanaman untuk menyesuaikan diri.
  1. Umur bibit tanaman
Dalam umur tanaman ada 2 hal yang harus diperhatikan yaitu :
Pertama, jangan lakukan pemindahan bibit semaian yang masih terlalu muda, karena dahan masih rapuh dan akar juga masih sedikit dan mudah terputus  jika tidak hati-hati dalam melakukannya.
Kedua, pemindahan tanaman jangan menunggu hingga bibit tanaman terlalu tua, karena setelah dipindah tanam bibit tanaman yang terlalu tua akan kerdil dan tidak optimal dalam pertumbuhannya.
Untuk itu pemindahan tanaman sebaiknya dilakukan pada saat pangkal tanaman sudah tampak kokoh dan minimal telah memiliki 3 helai daun.
  1. Perhatikan kondisi bibit tanaman
Bibit tanaman yang kurang sehat akan mudah stres dan cenderung mengalami stres yang lebih lama setelah pindah tanam, bahkan bisa saja mati. Maka dari itu pilihlah bibit yang sehat memiliki vigor yang kuat, memiliki akar yang baik, tidak lemas karena kekurangan sinar matahari saat di persemaian. Oleh karena itu, hendaknya biarkan bibit pada persemaian untuk terpapar sinar matahari secara penuh setidaknya 15 hari sebelum bibit dipindah tanam ke lahan. Ini dilakukan agar bibit tanaman memiliki batang yang kuat dan cepat beradaptasi ketika dipindah tanam ke lahan.

Sekian update dan sedikit info dari aku untuk minggu ini, semoga baby-baby pakcoy ku tumbuh dengan sehat dan subur yaa agar bisa cepet-cepet di panen hihi. OIYA STAY SAFE AND HEALTHY YA GUYS semoga wabah covid ini cepat-cepat berakhir aamin. Wass.. see youuu!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar