Mengenal lebih jauh mengenai Tanaman Bawang Daun

Budidaya Tanaman Bawang Daun #part4

Assalamualaikum temen temen, Akang Teteh semuanya …
Alhamdulillah sekarang kita udah memasuki bulan Ramadhan yaa.. Nah, gimana nih puasanya ? pada lancar kan ? jangan lupa tadarus yaa #Be humble and stay close with Quran
Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin yarabbal alamin :)  ..

Disini aku mau menyambung postingan aku yang sebelum sebelumnya nih, yups .. mengenai budidaya tanaman bawang daun .. Disini aku mau menuliskan sedikitnya lebih jauh mengenai tanaman bawang daun, nah sebelum kesana aku mau menuliskan dulu perkembangan tanaman aku selama 4 minggu ini, sudah seperti apakah tanamannya ?
Ini diaa ….
Pemeliharaanya cukup simple yang aku lakukan, dalam penyiraman aku gak melalukannya secara berkala, karena tanaman aku biarkan diluar jadi dalam kondisi cuaca seperti ini aku hanya mengandalkan air hujan saja untuk penyiramannya, karena jika tanaman sudah terkena hujan lalu kita melakukan penyiraman lagi, itu akan mengakibatkan tanaman cepat busuk.

Lalu pemeliharaan selanjutnya yaitu penyiangan, dimana jika ada gulma disekitar tanaman maka harus segera dicabut.

Dipemeliharaan aku sebelumnya, aku melakukan penyulaman pada tanaman bawang daun, dan membandingkan tanaman yang bibitnya dipotong 2/3 bagian dengan yang tidak, dan hasilyaa ..
Ternyata bibit yang tidak dipotong ujungnya, memberikan perkembangan yang bagus, tanaman tidak mengalami pembusukan seperti yang tanaman yang awal yang bibitnya dipotong. Walaupun secara teori bibit yang dipotong ujungnya lebih bagus karena akan mempercepat pertumbuhan tunas baru, ternyata bibit yang tidak dipotongpun pertumbuhan tunas barunya juga cepat loh., dan sekarang tinggi tanaman ku yang satu ini sudah mencapai 42 cm, walaupun penambahan tinggi tanamannya tidak signifikan setiap minggunya tetapi pertumbuhan daunnya lumayan sudah banyak loh, setiap tanaman sudah muncul beberapa tunas baru dan tunasnya sudah mulai panjang panjang.

Dan tanaman berikutnya yang masih bertahan dari awal sampai akhir juga ada, ini dia salah satunya ..
Ini tanaman yang dari awal nanem, yang bibit ujungnya dipotong 2/3 bagian, waktu itu aku hanya menyisakan 1 daun/tunas saja, dan sekarang pertumbuhan daunnya sudah mencapai 8 helai daun, dan waktu dari 1 anakan sekarang tumbuh menjadi 2 tanaman, tingginya pun sudah mencapai 38 cm.

Sekarang pertumbuhan tanaman mungkin sudah mencapai umur 30 HST, dan mungkin masih lama ya untuk ke tahap panen, hehe ..
Nah disini aku mau kasih tau nii, ciri ciri tanaman bawang daun yang sudah siap panen, kira kira seperti apa saja ? ini dia … 
1.      Umurnya cukup tua, yaitu 2,5 bulan setelah tanam untuk tanaman yang bibitnya berasal dari anakan, sedangkan 5 bulam bila bibitnya berasal dari semaian biji (dihitung dari semai biji)
2.      Jumlah tanaman per rumpun telah maksimal (banyak)
3.      Beberapa helai daun bawang mulai menguning atau mengering
4.      Garis tengah (diameter) bawang telah mencapai maksimal sesuai dengan varietasnya
 
Kalau dilihat dari ciri-cirinya, sudah terlihat jelas ya, tanaman bawangku belum memenuhi syarat untuk panen, hehe :D , harus lebih sabar dulu menunggu waktu ..

Nah bila nanti bawang daun siap untuk dipanen, untuk cara panen bawang daun sendiri yaitu adalah dengan mencabut seluruh rumpun tanaman atau membongkarnya dengan alat bantu secara hati-hati. Pada pertanaman yang baik dan varietas (kultivar) yang ditanam tergolong unggul, tiap lahan dapat menghasilkan 10-40 ton ha-1 (Rukmana, 1995). Dan waktu terbaik untuk memanen bawang daun yaitu adalah pagi hari atau sore hari dan pada saat cuaca cerah (tidak mendung atau hujan). Waktu pemanenan yang tepat akan menghasilkan kualitas bawang daun yang baik, misalnya tidak layu, ukuran diameter batang optimal, kandungan nutrisi optimal dan sebagainya.

Nah teman-teman sekarang sudah tau kan ciri-cirinya, bila nanti teman teman budidaya tanaman bawang daun juga, jangan lupa perhatikan hal-hal yang diatas ya, ..

Sekian postingan untuk minggu ini,
Semoga bermanfaat.
See you guys .. :)

Wina Permata Dewi
1177060086

Tidak ada komentar:

Posting Komentar