Kangkung ku Ajaib




Halo sobat muda tani,
Halo sobat, gimana nih udah hampir satu bulan kita lockdown yang mengharuskan kita tinggal di rumah aja. Udah cobain belum dirumah aja ala aku yang manfaatin lahan kecil, buat bercocok tanam? Oke klo belum simak terus ya artikel aku semoga aja termotivasi buat bercocok tanam.
Minggu kemarin kangkung kita tuh udh mulai tumbuh jadi batita, nah minggu sekarang kangkung udh masuk ke 18 HST untuk tinggi rata-rata 20 cm. Hal yang aku lakuin itu sederhana ko, cuman lakuin penyiraman aja 2 kali sehari. Hal yang harus di perhatikan juga yaitu jumlah kangkung satu polybagnya jangan terlalu banyak maksimal 5-7 tanaman untuk ukuran polybag 30x15 cm, jika tanaman sudah terlalu rimbun harus di lakukan pindah tanam. Pindah tanam ini sudah saya lakukan di minggu-minggu sebelumnya. Kenapa sih harus di lakukan pindah tanam, agar penyerapan unsur hara pada kangkung tidak tersendat dan merata, karena penanaman ini beda dengan teknik hidroponik yang satu tanaman mempunyai unsur hara masing-masing.

Tabel 1. Pertumbuhan dan perkembangan kangkung

Kangkung yang sudah berumur 18 HST untuk polybag 1 memiliki daun yang cukup banyak yaitu sekitar 5-6 helai tapi ukuran daunnya volumenya tipis tapi panjang dan ukuran dari kangkungnya seragam. Untuk polybag 2 daun yang tumbuh rata-rata 7-8 helai dengan volume ukuran daun sedikit bedar dan tidak terlalu panjang juga batangnya berbuku dengan jelas, tetapi pertumbuhannya tidak seragam ada yang masih kecil dan juga sudah besar. Polybag 3 memiliki daun seperti polybag pertama 5-6 helai dengan ukuran tipis panjang tetapi batangnya sedikit bengkok bengkok seperti yang mencari matahari dan juga polybag 3 ini terkena hama ulat daun yang merusak permukaan daun menjadi menggulung.
Daun pada polybag 3 yang terkena hama

Polybag 4 memiliki jumlah daun 5-6 helai dengan ukuran daun besar dan panjang dan batangnya lurus dengan buku-buku batang yang pendek dan juga keseragaman pertumbuhannya tidak sama ada yang pendek dan tinggi.

Polybag 1

Polybag 2

Polybag 3

Polybag 4

Oke jadi gitu aja nih live report dari kangkung ajaib aku, semoga sobat muda tani bisa terus ikutin kelanjutan dari kangkung ajaib ini ya sampe panen,  see you stay healty

With luv

Sindy Ersa Syifa
1177060077

Tidak ada komentar:

Posting Komentar