Budidaya Kacang Panjang #StayatHome ( Part IV)


Budidaya Kacang Panjang
#StayatHome ( Part IV) oleh:
Yeni Maulani
1177060088

Budidaya Tanaman Kacang Panjang ( Vigna cylinrica L.)



Assalamu’alaikum
Mudah-mudahan Allah SWT selalau memberikan kesehatan kepada kita semua. Jangan lupa untuk selalu jaga jarak dengan orang lain minimal 2m dan jangan lupa juga untuk selalu cuci tangan memakai sabun.  
Selama satu minggu ini hanya dilakukan  pemberian pupuk susulan yaitu pupuk NPK mutiara. Parameter pengamatan yang dilakukan  yaitu tinggi tanaman, diameter batang, dan jumlah daun tanaman. J
Pemupukan Susulan
Pemberian Pupuk NPK Mutiara

Pemupukan merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil panen tanaman budidaya termasuk kacang panjang. pupuk sintetik yang dapat digunakan adalah pupuk NPK. Pemberian pupuk NPK juga berpengaruh positip terhadap pertumbuhan dan hasil  kacang panjang. (Raksun, 2019)
Nah teman-teman pemupukan kali ini saya memberikan Pupuk NPK mutiara. Pupuk NPK mutiara  merupakan salah satu pupuk anorganik bersifat majemuk yang memiliki unsur hara makro N, P, dan K masing-masing 16%.  (Fahmi, 2014).
Jadi, untuk pemberian pupuk dilakukan dengan membuat larikan disekitar akar tanaman kemudian masukan pupuk NPK  mutiara 1 g/L atau setara dengan 125 mL/tanaman ke dalam tanah setelah itu tutup kembali dengan tanah. Saat pemupukan jangan terlalu dekat ke akar ya karena apabila terlalu dekat maka akan menyebabkan kematian pada tanaman.

Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman pada Tanggal 29 April 2020

Polybag 1



Nah, untuk pertumbuhan dan perkembangan minggu ini, sudah mengalami pertumbuhan yang signifikan, sampai ahrus ditambah lagi ajir tambahan yaitu tali rapia karena pertumbuahnnya yang sudah semakin tinggi. 
Pertumbuhan dan perkembangan tanaman setelah 27HSS yaitu pada tanggal 29April 2020. Untuk polybag pertama yang terdiri dari Tanaman 1: tinggi tanaman mencapai 40 cm dengan 11 helai daun, dan diameter batang  0,4 cm. Tanaman 2: tinggi tanaman mencapai 42 cm dengan 3 helai daun dan diameter batang 0,4cm. Tanaman 3: tinggi tanaman mencapai  61 cm dengan 7 helai daun, dan diameter batang 0,4 cm. Tanaman 4: tinggi tanaman mencapai 53 cm dengan 11 helai daun, dan diameter batang tanaman 0,4 cm.
Polybag 2

Pertumbuhan dan perkembangan tanaman setelah 27HSS yaitu pada tanggal 29 April 2020 Untuk polybag kedua yang terdiri dari Tanaman 1: tinggi tanaman mencapai 26 cm dengan 6 helai daun, dan diameter batang anaman 0,3 cm. Tanaman 2: tinggi tanaman mencapai 38 cm dengan 8 helai daun dan diameter batang 0,3cm. Tanaman 3: mati karena terinjak oleh kucing. Tanaman 4: tinggi tanaman mencapai 37 cm dengan 5 helai daun, dan diameter batang tanaman 0,3 cm.


DAFTAR PUSTAKA

Fahmi, N. 2014. Pengaruh Pupuk Organik dan Anorganik terhadap Pertumbuhan dan Hasil Kedelai (Glycine max (L.) merril). J. Floratek 9: 53-62.
Raksun, Ahmad. 2019. Pengaruh  Bokashi dan  Pupuk Npk Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Kacang Panjang  J. Pijar MIPA, Vol. xx No. xx 2019




3 komentar: