Menunggu Untuk Menuai Hasil


Menunggu Untuk Menuai Hasil

Nama              : Robin
NIM                 : 1177060069
Jurusana         : Agroteknologi-6C
Mata Kuliah   : Budidaya Tanaman Hortikultra
Email               : cobingeh@gmail.com

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
Apakabar sob?? Apakabar liburannya nih??hhe
Semoga sudah keluar dari zona nyamannya yah. Aamiin

Ohya sob, Alhamdulillah kita sudah memasuki bulan suci Ramadhan.Bulan yang penuh berkah dan bulan yang penuh dengan keistimewaan ini, mari kita sambut Ramadhan ini dengan penuh gembira dan bersuka cita..

Baik sob, tak perlu panjang lebar lagi disini saya ingin melaporkan bagaimana keadaan saya saat ini. Ada yang tau?? Yups.. menunggu. Suatu keadaan dimana harus bersabar untuk mendapatkan hasil atau jawaban. Tapi di sini saya bukan menunggu jodoh atau pendamping hidup yah hhe.. lebih tepatnya saya di sini lagi menunggu tanaman yang saya tanam dari Minggu-minggu kemaren. Menunggu untuk menuai hasilnya yaitu panen. Ada yang tau definisi panen itu apa?? Ok.. saya coba jelaskan yah di bawah ini, semoga dapat ilmu yang belum tau dan semoga dapat menambah ingatan yang lagi lupa hhe

Panen merupakan pekerjaan akhir dari budidaya tanaman (bercocok tanam), tapi merupakan awal dari pekerjaan pascapanen, yaitu melakukan persiapan untuk menyimpan dan pemasaran.
Kriteria panen pada tanaman sayuran itu sendiri ialah :
  •           Warna daun dari tanaman tersebut lebih tua dari apa yang dimiliki sebelum-sebelumnya
  •           Ukuran daun sudah berukuran besar atau sudah berkembang sepenuhnya
  •           Ukuran batang sudah berkembang besar
Itulah sob, apa yang saya alami sekarang menunggu dari suatu hal yang tetap harus kita jaga dan rawat. Jadi dapat saya pelajari bahwa bertani itu membutuhkan kesabaran yang luar biasa. Disisi lain harus sabar untuk merawatnya dan di sisi lain harus sabar ketika ada yang merendahkanmu. Memang usaha itu tidak mengkhianati hasil, ketika usaha kita sudah maksimal maka hal yang perlu kita lakukan ialah bertawakal kepada-Nya agar hasil yang kita harapkan itu terwujud. Inilah bercocok tanam mengajarkan kita hidup untuk senantiasa tetap bersandar kepada Allah SWT.
Sekian sob pembahasan pekan ini.. tetap semangat menjalani kehidupan yang fana ini, tetap jaga kualitas iman kita kepada Allah. Semangatt untuk meraih kesuksesan pahala di bulan suci Ramadhan ini. Sampai ketemu di pekan selanjutnya yah..

Progres Tanaman Bayam

Progres Tanaman Bayam

Progres Tanaman Bayam








Tidak ada komentar:

Posting Komentar