BUDIDAYA TANAMAN KANGKUNG (Ipomea reptans) BERSKALA RUMAHAN (part IV)


Perkembangan dan pertumbuhan praktik budidaya tanaman kangkung yang saya lakukan saat ini menurut saya cukup lambat. Hal ini di buktikan dengan membandingkan parameter minggu kemarin dengan minggu ini yaitu ketinggian juga lebar batang yang lambat sekali dalam berkembang yang dapat dilihat pada tabel.
No.
Tanaman kangkung
Tinggi (cm)
Lebar batang (mm)
Jumlah daun
1.       
1
11
2
8
2.       
2
13
2
6
3.       
3
8
2
7
4.       
4
12,5
2
6











Mungkin menurut saya, penyebab terjadinya lambatnya perkembangan pertumbuhan tanaman kangkung yang saya budidayakan di pekarangan rumah akibat nutrisi tanah. Kurangnya unsur hara dalam tanah pada saat tahap awal menjadi penyebab lambatnya perkembangan pertumbuhan tanaman kangkung saya. Keterbatasan bahan ketika olah lahan terjadi karena dalam mencari bahan yang diperlukan sedikit terhalang yaitu adanya social distancing ini. Tapi alasan tersebut tidak bisa menjadi fokusnya. Untuk saat ini solusinya yaitu dengan pemberian kembali pupuk agar tanaman kangkung dapat berkembang dan tumbuh dengan baik. Pemberian pupuk ini bisa dengan pupuk kandang ataupun pupuk NPK.
Dalam perawatan yang dilakukan yaitu hanya dilakukan penyiraman rutin disaat pagi hari dan sore hari.


Ziza Adisty | 1177060095


Tidak ada komentar:

Posting Komentar