Sudah mulai produktif nih, Yuk tingkatkan lagi dan berbagi kisahnya




Sudah mulai produktif nih, Yuk tingkatkan lagi dan berbagi kisahnya

Nama              : Robin
NIM                 : 1177060069
Jurusana         : Agroteknologi-6C
Mata Kuliah   : Budidaya Tanaman Hortikultra
Email               : cobingeh@gmail.com


Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
Apakabar sob? Udah mulai sibuk nih yah hihi
Alhamdulillah mudah-mudahan sudah mulai produktif nih yah dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaatnya. Aamiin
Teruslah jadi orang berguna sob yang bermanfaat bagi saudara-saudaramu, karena Nabi Muhammad Saw berkata katanya sebaik-baiknya manusia itu adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain. Wahh.. wahh.. MasyaAllah menebar kebermanfaat itu sangat indah yah sob ketika kita menjalaninya dengan ikhlas, dan pernah ga sih sob menyadari ketika memiliki suatu masalah yang cukup menguras pikiran kemudian tak tahu harus menyelesaikannya seperti apa. Tiba-tiba tak di sangka-sangka masalah tersebut ada aja solusinya ada keajaiban-keajaiban yang di luar logika kita. Pernah ngalamin itu sob?? Yaaa.. percayalah dan yakinlah bahwa keajaiban-keajaiban itu ada ketika kita suka menolong orang sob, suka menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain.. pun termasuk pada makhluk Allah juga sob seperti tumbuhan dan hewan .. nahh jadi janganlah bosan menjadi orang yang bermanfaat yah sob.. teruslah tebar kebaikan sebanyak mungkin tingkatkan lagi. Dan jangan lupa berbagi kisah positif, itu juga salah satu hal penebar kebaikan juga sob, yang dapat menginspirasi dan memotivasi orang lain, ketika orang tersebut melihat aktivitas yang dapat memicu semangatnya. Nahh di sini juga saya akan melaporkan progres (bisa dibilang berbagi kisah sih hehe) mengenai budidaya tanaman yang saya tanam Minggu kemaren sob.. masih ingatkan hihi.
Tau gak sih sob. Menanam tumbuhan itu perlu kesabaran dan perhatian lebih sob. Widihh.. widihh.. ketumbuhan aja sampai kayak gini yah sob apa lagi pada manusia hihi. Tapi bener sob memang perlu ada kesabaran dan perhatian lebih, kenapa?? Karena kita sabar menunggu merawatnya dengan menyirami setiap hari, kemudian memperhatikan kondisi keadaannya. Ketika ada suatu hal yang dapat menggangu pertumbuhan si tanaman itu, maka kita harus mencegahnya sob. Organisme pengganggu tanaman ini memang dapat mengambat pertumbuhan tanaman seperti terdapat gulma dan hama penyakit. Sudah tahu sob, apa itu gulma dan hama penyakit?? Pasti sudah tahu kan.. hehe. Ok saya mencoba mengingatkan nya lagi deh sob.
1.      Gulma
       Gulma adalah tumbuhan yang tumbuh di sekitar tanaman budidaya yang tumbuhannya tidak diketahui dan umumnya merugikan karena dapat menghambat pertumbuhannya, mengakibatkan penurunan kualitas dan kuantitas produksi dan dapat menjadi sarang hama dan penyakit. Gulma harus segera ditanggulangi pertumbuhannya agar tidak berkembang pesat. nah di bawah ini adalah gambar kondisi dimana tanaman saya ada gulmanya sob.

Gulma rerumputan

Cara mengatasi gulma itu ada beberapa hal yang harus kita pahami sob.
1.      Pengendalian gulma secara mekanik, yaitu dengan menggunakan alat (seperti mencabut gulma)
2.      Pengendalian gulma secara fisik yaitu tanpa menggunakan alat (seperti melakukan jarak tanam)
3.      Pengendalian secara biologis, yaitu dengan memanfaatkan serangan musuh alami
4.      Pengendalian secara kimia, yaitu menggunakan bahan-bahan kimia (seperti pestisida)

Nahh sob sebenarnya ada 7 mengenai mengendalikan organisasi pengganggu tanaman (ppt) ini, tapi mohon maaf hanya 4 yang di jelaskannya. Akan tetapi yang perlu sobat garis bawahi ialah penggunaan pengendalian secara kimia itu ialah solusi terakhir loh jika melihat kaidah-kaidah dari perlindungan tanaman tersebut. Ketika memang opt ini sudah tidak bisa dikendalikan secara apapun maka pengendalian secara kimia lah solusinya. Akan tetapi juga terkadang masyarakat saat ini ingin memilih yang instan tidak ribet, maka masyarakat langsung menggunakan solusi yang terakhir yaitu pengendalian secara kimia tanpa mencoba menggunakan pengendalian-pengendalian yang sangat ramah lingkungan.
2.      Hama
      hama adalah hewan yang biasanya menyerang atau menganggu tanaman, sehingga tanaman tersebut tidak bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal dan dapat merusak produksi juga.

Hama Laba-laba
3.      Penyakit
       Penyakit pada tumbuhan adalah gangguan yang disebabkan oleh mikroorganisme berupa virus, bakteri, fungi (jamur), protozoa (hewan bersel satu), dan cacing nematoda yang dapat merusak produksi juga.

Penyakit Layu Tanaman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar