Perkembangan Tanaman Kacang Panjang(Vigna sinensis (L.) Yang Dibudidayakan Pada Skala Rumahan



         Dalam melakukan budidaya tanaman, syarat tumbuh dan teknik budidaya merupakan aspek yang sangat penting bukan??.. nah sekarang kita akan membahas bagaimana petumbuhan dan perkembangan tanaman kacang panjang yang dibudidayakan dengan skala rumahan.
Budidaya kacang panjang dilakukan pada luas lahan 1m x 1m dengan jarak tanam 40cm x 30cm. sehingga dapat diketahui jumlah populasi kacang panjang pada luasan lahan tersebut  yaitu 9 populai. Jumlah populasi dapat kita hitung dengan rumus Luas lahan : jarak tanam. Maka dapat diketahui 10000 cm:120cm = 8,3. Dibulatkan menjadi 9 populasi tanaman. Pada saat awal budidaya pengolahan lahan dilakukan dengan dicangkul untuk menggemburkan tanah yang disiapkan sebagai media tanam yang akan digunakan. Setelah pengolahan lahan selesai. Lahan yang akan ditanami tersebut diberi pupuk kandang yang sudah dicampur dengan sekam padi dengan perbandingan 1: 1. Pada literature dosis pupuk kandang yang baik untuk penanaman kacang panjang adalah 10 ton/ ha, sehingga untuk luasan lahan 1m x 1m diperlukan pupuk kandang sebanyak 1kg atau 1000 gram. Penanaman dilakukan dengan memasukan benih kacang panjang pada setiap lubang tanam yang telah dibuat yang kemudian lubang tanam itu ditutp lagi dengan tanah tipis. Pada 3 HST tanaman kacang panjang sudah mulai berkecambah dan ada beberapa yang belum tumbuh. Kemudian pada 6 HST tinggi tanaman rata rata 2.8-3.5 cm dan helaian daun sebanyak dua pada setiap tanamannya. Selain itu pada 6 HST juga dilakukan penyulaman untuk tanaman yang belum berkecambah. Dan pada usia tanaman kacang panjang 14 HST, dilakukan pengamatan kembali dengan parameter pengamatan yaitu tinggi tanaman dan jumlah helaian daun. Hasil pengamatan yang diperoleh pada 14 HST yaitu:

Tanaman ke-
Tinggi tanaman (cm)
Jumlah daun(helai)
1
20,5
2
2
23.5
5
3
17.3
2
4
27.1
5
5
26
6
6
20
5
7
27.5
5
8
29.8
5
9
16
5



Setiap segala sesuatu yang dilakukan pasti terdapat hambatan atau kendala yang dihadapi dan pada budidaya yang dilakukan di rumah dengan menanam tanaman kacang panjang terdapat beberapa kendala yang dihadapi seperti ilmu yang terbatas, rute perjalanan yang lumayan susah untuk ditempuh dari rumah ke toko atau tempat yang menjual alat alat dan bahan pertanian sehingga untuk membeli kebutuhan pupuk untuk tanaman kacang panjang juga terhambat, selain itu keadaan cuaca yang tidak menentu seperti turun hujan setiap hari pada waktu sore yang menyebabkan beberapa tanaman terutama bagian daun mengalami kerusakan. Jika terjadi hujan pada hari itu maka tanaman kacang panjang tidak dilakukan penyiraman. Karena setiap hal yang kita lakukan atau berikan tidak boleh berlebuhan:) Begitupun dengan tanaman, karena pada saat air hujan turun tanaman telah mendapatkan kebutuhan air dari air hujan tersebut bahkan mungkin lebih dari cukup.


Lampiran




Siska Agustin

1177070078

Tidak ada komentar:

Posting Komentar