PEMELIHARAAN KANGKUNG SI JANGKIS(JANGKUNG IPIS) MEMBUDIDAYAKAN DI KALA WABAH KORONA PART III


Kalian semua yang sudah merawat tanaman kangkung atupun tanaman yang lainya. Jangan sampe lupa yaa ngerawat dia L. Karena dia juga makhluk hidup jadi secara tidak langsung kita juga harus merawat nya dengan baik. Jadi jangan perhatiin pacar ajaa yaa (ups maaf yang jomblo) tapi perhatiin juga tuh tanaman yang udah di tanam sama kamu dan harus bisa betanggung jawab. Mereka juga bisa merajuk loh dan stress lohhh, namya juga mhkluk hidup punya perasaan hehehehe.
Tanaman yang sudah berumur kurang lebi 14 HST yang memiliki bentuk yang masih lucu dan imut kita sudah bisa melihat jelas bentuk fisiknya lohh. Hingga saat ini rata rata dari jumlah daun pada si jangkis sudah memiliki 4 daun yang sangat segarr.  perawatan yang sudah di lakukan selama kurang lebih 14 HST baru di berikan perlakuan pemberian pupuk NPK yang di cairkan yang sudah di jelaskan pada artikel sebelumya pada umur 7 HST. Nah hingga saat ini perlakuan yang di dapatkan oleh si jangkis ialah hanya rutin pemberian air sebanyak 2 jali sehari. Kasian juga kan kalo ga di kasih air ntar si jangkis dehidrasi apalagi dia tiap pagi hingga sore selalu terkena sinar matahari “untung gaitem juga yaa wkwk”.
Selain rutin pemberian air terhadap tanaman kangkunng yang masih remaja perlu juga nih kita selalu mengontrol keadaan dia. Di takutkan ada hama dan penyakit yang menyerang pada tanaman yang kita sayangi. Nah pernah ada kejadian pada umur ±9 HST tanaman kankung dalam satu polybag tedapat satu tanaman yang terlihat seperti terkena penyakit layu fusarium yang bergejala layu,kering, dan hingga mati. Maka dengan itu satu tanaman tersebut mulai di tindak lanjuti dengan car mengambil nya saja. Di karnakan apabila tidak di tindak lanjuti di takutkan akan menyebar ke teman teman nya dalam satu polybag. Begitu pula apabila kita melhat hama pada polybag langsung saja di kendalikan dengan teknik hand picking atau langsung di ambil secara manal.

Pada foto di atas si jangkis menujukan bahwa terlihat sehat dan segar berwarna hijau, hal itu bisa di sebabkan karna salah satu contoh bagaimana kita memerhatikan kesehatan pada mahkluk tersebbut wkwk. Mungkin sekian ulasan bagaimana cara pemeliharaan dan meperhatikan pertumbuhan agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Dan jangan lupa perhatikan diri sendiri apalagi jaga kesehatan perkuat imun agar tidak muda terkana oleh penyakit korona J.

Rabi Hamdalla
1177060097
6C

Tidak ada komentar:

Posting Komentar