Budidaya Bayam Hijau Sederhana di Rumah (Bagian 3)




Pada budidaya bayam hijau sederhana di rumah bagian 2 sudah dijelaskan penyebab daun berwarna kuning. Dan semua sudah di jelaskan pada bagian kedua minggu lalu. Minggu lalu juga sudah di jelaskan jika tanaman bayam hijau perlu dilakukan pemindahan tanam agar pertumbuhannya maksimal.
Nah kali ini bayam hijau di pindahkan kedalam 3 polybag yang berbeda. Bisa dilihat pada gambar kondisi bayam hijau sangatlah baik. Daun-daunnya membesar dan tanamannya pun bertambah tinggi, hal ini tentu saja membuat bayam hijau terlihat sangat menyegarkan.


Tanaman bayam hijau berusia 3 minggu

Pemindahan bayam hijau pada media tanam yang baru bertujuan agar tidak terjadi perebutan air dan hara serta tanaman bayam bisa tumbuh dan berkembang secara maksimal. Setelah dilakukan pemindahan media tanam, beberapa hari kemudian terjadi serangan hama pada salah satu tanaman. Gejala dari serangan hama itu sendiri bisa kita lihat pada gambar.



Gejala serangan hama

Pada gambar kita bisa melihat adanya lubang pada daun bagian tengah, gejala yang ada sangatlah sesuai dengan gejala yang di timbulkan akibat serangan ulat daun. Jika serangan berat hanya akan menyisakan tulang-tulang daunnya saja. Ulat daun ini berwarna hijau mirip dengan daun bayam hijau serta dengan ukuran yang sangat kecil sehingga sulit untuk di amati.

Jika tingkat serangan ulat daun seperti pada gambar, maka tidak perlu menggunakan pestisida. Cukup lakukan pencegahan dengan memetik daun yang terserang hama saja. Memetik daun yang terserang cukup efektif untuk mencegah penyebaran serangan ulat daun pada skala rumahan. Pengguanaan pestisida sebaiknya di gunakan jika lahan yang digunakan luas dengan jumlah populasi tanaman yang banyak pula dan di khawatirkan terjadi kegagalan panen karena serangan yang parah.

Jadi bercocok tanam skala rumahan ini tidak memerlukan biaya yang mahal. Jangan lupa untuk membaca bagian 1 dan 2 juga agar kalian lebih mengerti tentang alat dan bahan serta hal apa saja yang perlu dilakukan. Selamat mencoba yah dan semoga berhasil.


Wineu Sri Rahayu
1177060087




Tidak ada komentar:

Posting Komentar