Menanam Bayam Merah Di Rumah Aja Part 4

Menanam Bayam Merah Di Rumah  Aja Part 4

           
     
Tidak terasa ya sudah minggu ke 4 di  bulan April ini dan sekarang waktunya untuk melaporkan progress bayam merah  minggu ini. Akhirnya, di minggu ke 4 ini bayam merah bisa pindah tanam. Tinggi bayam merah sudah mencukupi untuk pindah tanam dengan ukuran tinggi rata-rata tanaman 6 cm dengan dua helai daun.
     Untuk menambah nutrisi bagi bayam merah, biasanya tanaman bayam diberi pupuk, baik pupuk organik ataupun pupuk anorganik.  Jika ada kesulitan untuk mendapatkan kedua pupuk tersebut, kita dapat memanfaatkan yang ada dirumah ataupun sekitar rumah, salah satunya yaitu air cucian beras yang bisa digunakan untuk menambah nutrisi bagi tanaman.
Air cucian beras menyimpan banyak nutrisi yang berguna untuk menyuburkan tanaman. Namun, masih banyak yang belum mengetahui tentang manfaat air cucian beras, sehingga air cucian beras terbuang begitu saja. Air cucian beras mengandung banyak nurtisi penting bagi tanaman sekaligus mengandung bakteri baik.  Air beras mengandung 90% karbohidrat berbentuk pati yang penting untuk hormon auksin, alanin dan gibbereline pada tanaman, mengandung vitamin B1, vitamin K, protein, besi, kalsium, fosfor, boron dan juga nitrogen. Air cucian beras akan membantu beberapa hormon yang ada pada tanaman sehingga bisa merangsang pertumbuhan pucuk daun, membawa makanan ke seluruh sel pada daun dan batang.
Untuk menggunakan air cucian beras terhadap tanaman bayam merah, pertama tampung air yang digunakan untuk merendam dan mencuci beras, dan diamkan selama 1-2 menit. Tampung airnya di penyiram tanaman atau botol bekas air mineral kemasan, dan siramkan ke tanah di halaman rumah atau pot. Yang perlu diperhatikan, siraman air beras hendaknya tidak mengenai daun atau bunga dari tanaman. Meskipun tidak berbahaya, airnya akan meninggalkan bercak-bercak putih, yang merusak keindahan tanaman.

Ulfa Qurrota A’yun
1177060084

Tidak ada komentar:

Posting Komentar