BUDIDAYA TANAMAN SELADA (Bagian 4)


(Lanjutan)

Hari ini, selada yang saya tanam berusia 21 HST.  Sedikit flashback minggu lalu, tanaman selada sempat mengalami layu kemungkinan salah satunya dikarenakan hujan deras yang bisa dibilang sering.

Tanaman selada perlu adanya perawatan, diantaranya penyiraman, pemupukan, penyiangan, dan pengendalian hama penyakit. Penyiraman dilakukan dua kali sehari bila tidak ada hujan yaitu pagi dan sore. Tidak direkomdasikan penyiraman yang dilakukan pada siang hari, karena suhu pada siang hari itu lumayan tinggi sehingga ketikan dilakukan penyiraman pada tanaman, tanaman akan mengalami stress dan layu.

Tanaman selada yang sudah berusia 2 minggu, dapat diberi pupuk susulan apabila tanaman kurang subur. Tidak diberikannya pupuk susulan, kemungkinan salah satu penyebab tanaman selada pada minggu lalu kurang mengalami pertumbuhan yang signifikan dan layu. Oleh karena saya tidak memiliki pupuk, saya mensiasatinya dengan pemberian EM4 langsung pada tanaman. 


Manfaat EM4 (tercantum dalam kemasan produk) diantaranya
  1. Memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah
  2. Meningkatkan produksi tanaman dan menjaga kestabilan produksi
  3. Memfermentasi dan mendekomposisi bahan organic tanah dengan cepat (bokashi)
  4. Menyediakan unsuk hara yang dibutuhkan tanaman
  5. Meningkatkan keragaman mikroba di dalam tanah
Manfaat EM4 dengan memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi secara langsung berpengaruh pada pertumbuhan tanaman. Sifat tanah yang semakin baik, maka unsur hara dan mikroorganisme pada tanah akan beragam sehingga dapat meningkatkan produksi tanaman. Dosis yang diberikan pada saat penyiraman usia 14 HST yaitu 1-2 liter/ha dilarutkan dalam air 100-200 liter. Penyiraman dengan campuran EM4 dilakukan setiap 1-2 minggu sekali pada tanah dan tanaman.


Setelah dilakukan penyiraman dengan campuran EM4, keesokan harinya tanaman terlihat segar. Pada usia 21 HST, tanaman selada memiliki tinggi tanaman 7-8 cm. Hingga saat ini tanaman tidak terserang hama maupun penyakit, pun dengan gangguan gulma.
Nantikan pertumbuhan tanaman selada ku selanjutnya 😍

Zohratun Firdaus
[1177060096]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar