Jadikan Bercocok Tanam Sebagai Ladang Amal, Wow Bisa gitu ? Yuk Coba! Jilid #4


                  

Jilid #4

“ Menanam pohon = menabung bekal di akhirat “





Kata –kata diatas adalah kata-kata ajaib loh guys ! ga bercaya ? yuk simak tulisan ini J
Sebagian orang menyangka bahwa program penghijauan bukanlah suatu amalan yang mendapatkan pahala di sisi Allah, sehingga ada di antara mereka yang bermalas-malasan dalam mendukung program tersebut.
Para ahli ilmu menyatakan bahwa sedekah jariyah memiliki banyak macam dan jalannya, seperti membuat sumur umum, membangun masjid, membuat jalan atau jembatan, menanam tumbuhan baik berupa pohon, biji-bijian atau tanaman pangan, dan lainnya.
Nah, saran bercocok tanam dirumha juga bisa loh jadi pilihan untuk mengisi kekosongan plus dapat pahala, because  ini bulan ramadhan loh gaes
Nah hal ini juga telah ada pada hadist yang sahih loh . yuk simak !
Rasulullah -Shallallahu alaihi wa sallam- bersabda,
 

“Tidaklah seorang muslim menanam pohon, tidak pula menanam tanaman kemudian pohon/ tanaman tersebut dimakan oleh burung, manusia atau binatang melainkan menjadi sedekah baginya.” (HR. Imam Bukhari hadits no.2321)
Seorang muslim yang menanam tanaman tak akan pernah rugi di sisi Allah -Azza wa Jalla-, sebab tanaman tersebut akan dirasakan manfaatnya oleh manusia dan hewan, bahkan bumi yang kita tempati. Tanaman yang pernah kita tanam lalu diambil oleh siapa saja, baik dengan jalan yang halal, maupun jalan haram, maka kita sebagai penanam tetap mendapatkan pahala, sebab tanaman yang diambil tersebut berubah menjadi sedekah bagi kita.
Rasulullah -Shallallahu alaihi wa sallam- bersabda,

 “Tidaklah seorang muslim menanam suatu pohon melainkan apa yang dimakan dari tanaman itu sebagai sedekah baginya, dan apa yang dicuri dari tanaman tersebut sebagai sedekah baginya dan tidaklah kepunyaan seorang itu dikurangi melainkan menjadi sedekah baginya.” (HR. Imam Muslim Hadits no.1552)
 Nah gimana nih temen-temen percayakan ? ada yang sudah mengaplikasikan nya belum ? yuk kita mulai dari sekarang J
Oh iya guys, pada penasaran gak sama perkembangan tanaman kangkung yang sudah kita taman dari 8 April lalu ? ini dia jeng jreng ..... 

Kiri ( tanaman yang di aplikasikan limbah cucian beras) dan kanan ( tanaman tanpa perlakukan)


Setelah melihat gambar ini apa yang terfikirkan di benak kalian guys ? kenapa berbeda ? yah sebelunya juga di jilid 3, telah menjelaskan manfaat dan kandungan dari limbah cucian beras, dan sekarang memang benar terlihat jelas beda nya, tanaman dengan perlakukan ini lebih besar dibanding yang tidak diberikan, karena asupan nutrisis yang berbeda tentunya.
Limbah cucian air beras merupakan hasil buangan yang berasal dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga) yang tidak memiliki nilai ekonomis lagi, air cucian beras mengandung banyak nutrisi yang terlarut didalamnya diantaranya adalah 80% vitamin B1, 70% vitamin B3 , 90% vitamin B6, 50% mangan, 50% fosfor, 60% zat besi (Nurhasanah, 2011) Berdasarkan hasil penelitian Istiqomah (2012) bahwa air cucian beras berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman tomat dan terong, nah temen – temen kita pun juga bisa memetik pahala dari memanfaatkan barang yang tidak terpakai seperti limbah air beras yahh, duh jadi banyak deh pahalanyaa hehehhe, kalau udah tau gimanih ? ya jangan lupa untuk di aplikasikan yaps , dan share juga ketemen-temen kalian supaya tau informasi ini.
Terimakasih yah sudah mau mampi dan membaca tulisan ini, kritik dan saran sangat dibituhkan , silahkan komentar di bawah ini. Hatur nuhu.. J


Daftra Pustaka
HR. Imam Muslim Hadits no.1552
HR. Imam Bukhari hadits no.2321
Istiqomah N. 2012. Efektivitas pemberian air cucian beras coklat terhadap produktivitas tanaman kacang hijau (Phaseolus radiatus L.) pada lahan rawa lebak. JurnalZiraa’ah. 1(33):99-108.
Nurhasanah, Y.S, 2011. Air Cucian Beras dapat Suburkan Tanaman. Bogor: Institut Pertanian Bogor.



By:
Roy Hanuddin
1177060070
Agroteknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar