BUDIDAYA TANAMAN KANGKUNG ALA RUMAHAN BIAR GAK BOSEN #Jilid3

                   #Jilid3


Holla teman-teman J ...!
Gimana Kabarnya ? pasti baik dong yah.. InsyaAllah J
Oke guys ! Walau ditengah pandemi Covid-19 , Kita ga usah khawatir cukup #dirumahaja mendoakan mereka para garda terdepan agar tetap sehat dan bisa melalui cobaan bersama-sama, Aamiin
Oke lanjut, untuk mengatasi kegabutan kalian, biasanya ngapain nih ?
Pasti banyak yah macemnya, nah  bercocok taman pun jadi rekomendasi nih untuk mengisi hari-hari mu agar lebih berwarna. Kalian tau ga manfaat dari bercocok tanamn dirumah ? Kalo ini versi aku yah
1.      Lebih bersyukur atas apa yang diberikan tuhan
2.      Lebih hemat
3.      Lebih kreatif
4.      Dapat mencukupi kebutuhan pangan secara mandiri ,
wah banyak yah J , buat teman – teman yang punya pendapat lain boleh yah komentar , dikolom    komentar hehhe. Pada minggu lalu saya sudah membahas terkait perkembangan tanaman kangkung yang sudah saya rawat di rumah ⇒⇒⇒⇒ (https://www.blogger.com/u/2/blogger.g?blogID=6385174708445678127#editor/target=post;postID=498358511670354590;onPublishedMenu=allposts;onClosedMenu=allposts;postNum=15;src=postname ) ⇐⇐⇐⇐ Tetapi disana ada beberapa hal yang belum dibahas nih, mari kita simak di jilid 3 ini.
Menanam kangkung itu mudah loh temen-temen seperti yang sudah saya jelaskan di jilid 1. Dan pada kesempatan kali ini, saya ingin ngasih tau temen-temen nih gimana perkembangan si kangkung ehehe, dia tumbuh dengan baik loh temen-temen. Lihat deh gambar ini:
Tanamn Kangkung yang telah di aplikasikan limbah air beras 

Pada gambar ini, terlihat  bahwa pertumbuhan tanaman  kangkung  sudah terlihat baik, Pemberian air beras pada tanaman kangkung telah berdampak positif pada pertumbuhanya. Hal ini juga telah diselaras dengan Berdasarkan hasil penelitian Istiqomah (2012) bahwa air cucian beras berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman tomat dan terong, memberikan pengaruh yang paling efektif terhadap tinggi dan jumlah daun tanaman tomat dan terong.
Seperti yang telah diketahui bahwa limbah cucian beras memang bisa digunakan sebagai alternatif pupuk. Salah satu pupuk organik yang bisa memperbaiki unsur hara tanah dan bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas panen adalah limbah air cucian beras. Air cucian beras mempunyai banyak manfaat untuk tanaman, mudah diperoleh petani dan ramah lingkungan memiliki harga yang murah sehingga dapat terjangkau oleh petani (Abidin, 1990).
Nah.. jadi besok-besok kalau kalian nyuci beras, air nya jangan dibuang gitu ajah yah hehe, sangat bermanfaaat banget ternyata buat tanaman dan tanah J, so ? lest Try it guyss!!
Tetap pantau terus perkebangan si kangkung ini .. sampai jumpa di jilid-jilid selanjutnya, Wassalamualaikum..

Daftar Pustaka
Abidin Z, Sumarna A, Subhan, Veggal KV. 1990. Pengaruh cara penanaman, jumlah bibit, dan aplikasi nitrogen terhadap pertumbuhan dan hasil kangkung darat pada tanah Latosol.Penelitian Hortikultura. 19(3):14-26.
Istiqomah N. 2012. Efektivitas pemberian air cucian beras coklat terhadap produktivitas tanaman kacang hijau (Phaseolus radiatus L.) pada lahan rawa lebak. JurnalZiraa’ah. 1(33):99-108.

By:
Roy Hanuddin
1177060070
Agroteknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar