BUDIDAYA TANAMAN CABAI MERAH #DIRUMAHAJA

BUDIDAYA TANAMAN CABAI MERAH
#DIRUMAHAJA


Pertanaman cabai kalian kurang optimal nih padahal media tanam sudah baik dan perawatan juga sudah dilakukan dengan baik, apalagi pada masa persemaian pertumbuhannya sangat lama. Kenpa sii bisa gitu, nah hal itu bisa terjadi karena benih yang kita gunakan. Yuu kita coba menerapkan teknik pemeliharaan persemaian cabai.
Pada proses budidaya cabai yang dilakukan pertumbuhan tanaman cabai sangat lambat, hal ini disebabkan karena salah satu faktor utama yakni benih cabai yang digunakan. Benih cabai yang digunakan pada budidaya cabai kali ini benih cabai yang langsung dari buahnya, kemudian disemai tanpa dikeringkan terlebih dahulu. Kenapa benih basah pertumbuhannya lebih lambat dibandingkan benih yang dikeringkan terlebih dahulu, karena benih yang di keringkan terjadi pengurangan kadar air pada benih yang dapat meningkatkan viabilitas benih. Itulah yang menyebabkan benih basah lebih lambat berkecambah.
Jadi untuk teman-teman di rumah yang ingin budidaya cabai sendiri, apabila benih yang digunakan berasal langsung dari buah cabainya sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu agar pertumbuhan kecambahnya dapat optimal. Proses pengeringan ini dapat dilakukan dengan penjemuran dibawah sinar matahari. Akan tetapi perlu diingat juga pengeringan jangan terlalu lama karena jika benih memiliki kadar air yang terlalu rendah maka viabilitasnya juga akan menurun.
Syarat dari pengeringan benih adalah evaporasi uap air dari permukaan benih harus diikuti oleh perpindahan uap air dari bagian dalam ke bagian permukaan benih. Jika evaporasi permukaan terlalu cepat maka tekanan kelembaban yang terjadi akan merusak embrio benih dan menyebabkan kehilangan viabilitas benih. Untuk pengeringan biji yang dipergunakan sebagai sebagai benih harus diperhatikan temperature udara sebaiknya antara 32o- 43oC (90o± 110oF). Bila pada pengeringan benih digunakan temperature udara yang tinggi maka pengeringan akan berlangsung cepat.

 

Benih cabai 20 HSS (hari setelah semai), terlihat pada umur setelah 20 hari pertumbuhannya masih sangat kecil.
Jadi jangan lupa yaa temen-temen... selamat mencoba....

yulia putri fitriani
1177060091

Tidak ada komentar:

Posting Komentar