YANG KUAT YANG MENANG

Hola milenials~

Alhamdulilaah udah masuk bulan Ramadhan lagi :')
Gimana shaum nya? lancar kan?
Eh tapi taneman kalian ga ikut shaum juga kan? ya jangan lah ya~

Oke di artikel kali ini kita kan tetap bahas tanaman, bukan bulan Ramadhan :'

Masih inget bayamku yang akur dengan daun bawang?
Alhamdulillah pertumbuhannya sangat bagus, bayam kah ataupun daun bawangnya.
Ini buktinya..
Ada kabar duka teman-teman, salah satu daun bawangku gugur sebelum waktunya ): karena penyakit busuk daun :'

Jadi beberapa waktu kemarin, di daerah rumah ku sering kali hujan. Dan tanaman ku selalu terkena cipratannya, sampai akhirnya daun bawang itu ga mampu lagi menyimpan air yang melimpah dan akhirnya busuk, layu kemudian mati ):

Oya ada satu polybag lagi yang aku tanami bayam..
Tapiii polybag ini sengaja aku buat kerapatannya tinggi aka gada proses penjarangan, niatnya si buat membandingkan hasilnya gitu loh hehe

Naah ini penampakan dari atasnya, sangat berbeda ya

Jadi temen-temen, di polybag dengan kerapatan tinggi pertumbuhannya relatif lebih lama karena banyak hal. Salah satunya adalah tidak optimalnya proses fotosintesis karena saling menghalangi satu sama lain. Selain itu juga adanya kompetisi antar tanaman. Yups, bukan cuma manusia aja yang berkompetisi, tapi tanaman juga..


Bisa dilihat yaa perbedaannya~ tanaman yang dilakukan proses penjarangan tumbuh dengan optimal, yaa walaupun kurang tinggi sih :' Sedangkan di polybag satunya, perbedaannya sangat ketara bukann? Ada yang tinggi banget, tinggi aja, sampe kecil banget bahkan baru kecambahan :') Nah ini menunjukan adanya kemampuan tanaman yang berbeda-beda dalam menyerap unsur hara. Sehingga pertumbuhannya tidak merata.

Jadi dari sini kita bisa ambil hikmahnya, sejatinya semua makhluk hidup itu memiliki kapasitas dan kemampuannya masing-masing. Oleh karena itu teruslah berjuang dan jangan lupa syukuri apa yang kamu miliki~

Oke see u next time, milenials :)

Saniya Rozanah Khoiriyyah
1177060073

Tidak ada komentar:

Posting Komentar