KHASIAT EKSTRAK BAWANG MERAH, UNTUK MEMPERCEPAT PERTUMBUHAN TANAMAN CABAI RAWIT
Nama : Yoga ALmuhyi, NIM. 1177060089 email : yogaalmuhyi99@gmail.com
Banten, 28 April 2020
Pada tanggal 29 April 2020 telah dilakukan praktikum Budidaya Tanaman Hortikultura pengamatan pada pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabai rawit hasil dari perlakuan perendaman benih cabai menggunakan ekstrak bawang merah selama 12 menit. Dari hasil pengmatan selama 15 hari benih cabai tumbuh secara serempak dengan ukuran yang hampir rata-rata 6-7 cm. nahh sangat rekomendasi banget menggunakan perlakuan perendaman benih cabai rawit kedalam ekstrak bawang merah. Hasil yang diperoleh dalam pengamatan kali ini diantaranya :

Pertumbuhan
Perkembangan
Tinggi tanaman diperoleh secara rata-rata 5-6 cm, bertambannya jumlah 4-5 helai daun apikal muda,
Peroses menguatnya batang tanaman cabai, perubahan warna tanaman yang awalnya hijau muda-hijau pekat. Dan disertai pertumbuhan daun lateral.

Hasil persemaian selama 15 Hari (pertumbuhan serempak) 

Aklimatisasi dilakukan pada media tanam di poly bag dengan perbandingan media tanah dan sekam bakar (1:1) pada usia 21 HST dengan harapan cabai dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Nahh semoga dengan melakukan kegiatan penanaman temen-temen dapat mencukupi kebutuhan dapur sehingga meminimalisir pengeluaran harian.

REFERENS
Alimudin, S. Melissa dan Ramli. 2017. Aplikasi pemberian ekstrak bawang merah (Allium cepa l.) terhadap pertumbuhan akar stek batang bawah mawar ( Rosa sp.) Varietas Malltic. Jurnal Agroscience. 7(1):194-202.
Ernawati, P. Rahardjo dan B. Suroso. 2017. Respon benih cabai merah (Capsicum annum L.) kadaluarsa pada lama perendaman air kelapa muda terhadap viabilitas, vigor dan pertumbuhan bibit. Jurnal Agritop. 15(1):71-83.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar