MODAL NAMPAN DAN CANGKANG TELUR, TANAMAN BISA TUMBUH

(29/04/2020) Hai, selamat malam sobat tani, sepertinya malam ini saatnya kita berpisah. Tapi tenang, santai, tunggu dulu.. sebelumnya simak dulu nih karena akan dibahas perkembangan tanaman tomat dan kangkung yang telah ditanam dari 2 minggu sebelumnya menggunakan nampan dan juga cangkang telur. FYI saat ini tanamannya tepat berumur 21 HST.
Buat sobat tani yang belum tau bagaimana pemanfaatan cangkang telur dan nampan dapat mengecek 3 artikel saya sebelumnya ya karena telah disampaikan disana. Untuk pertanyaan seputar tanaman ataupun mengenai kegiatan bertani boleh komentar di bawah.
Lanjut kita bahas mulai dari perkembangan tanaman tomat terlebih dahulu. Tanaman tomat yang ditanam ini berasal dari buah tomat segar ya temen-temen, karena memang tema menanam kita saat ini adalah memanfaatkan alat dan bahan seadanya. Tapi hal tersebut tidak bisa tepis begitu saja, karena memang terbukti pada umur 21 HST ini tanaman tomat sudah bertambah tinggi dan yang paling tinggi mencapai 11 cm. Daun tanaman tomat pun tumbuh dan sudah mulai terbentuk tepi daunnya bergerigi dan berjumlah 4 helai daun.
Seharusnya pada umur 21 HST tanaman tomat dapat tumbuh lebih besar, tetapi karena saat ini masih cuaca penghujan sehingga tanaman tomat tidak mendapati penyinaran matahari yang cukup, dan juga tanaman tomat baru diberi pupuk dasar aja. Biar lebih maksimal pertumbuhannya, sobat tani dapat menyiramnya dengan pupuk growmore (cek dosisnya). Berikut adalah dokumentasi tanaman tomat berumur 21 HST.
                        
                        
Tanaman tomat 21 HST

(29/04/2020) Nah, lanjut kita paparkan hasil perkembangan tanaman kangkung berumur 21 HST. Tanaman kangkung yang telah melewati proses semai di nampan hingga saat ini sudah masuk 21 HST, pada tanaman 1 tinggi tanaman mencapai 27 cm dengan jumlah daun 9 helai, sedangkan pada tanaman 2  tinggi tanaman sudah mencapai 26 cm dan mempunyai 8 helai daun. Tanaman kangkung pada umumnya dapat dipanen mulai dari umur 27-30 HST. Jadi, minggu depan tanaman kangkung sudah siap panen. Berikut dokumentasi tanaman kangkung 21 HST.

              Tanaman kangkung 21 HST

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat. Sampai jumpa di lain kesempatan sobat tani. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata ketika pemaparan di artikel ini dan artikel-artikel sebelumnya. Terima kasih juga karena telah mengikuti artikel ini. Bye bye

Stay safe
Stay healthy

Regards,
Sayidatun Napisah
1177060074



Tidak ada komentar:

Posting Komentar